50 LKSA Lampung Siapkan Akreditasi Layanan Berbasis Keluarga

50 LKSA Lampung Siapkan Akreditasi Layanan Berbasis Keluarga

Propinsi Lampung melaksanakan Bimbingan Teknis untuk 50 LKSA. Acara ini merupakan sosialisasi Standar Nasional Pengasuhan Anak dan Akreditasi (SNPA) b

Early Warning System Sekolah Harus Berbunyi
Hari Pertama Sekolah Kelas 1 Al Azhar Gelar Taaruf Sekolah
Wapres: Bicara Kesenjangan dan Kemiskinan Dari Hotel Bintang Lima

Propinsi Lampung melaksanakan Bimbingan Teknis untuk 50 LKSA. Acara ini merupakan sosialisasi Standar Nasional Pengasuhan Anak dan Akreditasi (SNPA) bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA)  dan Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA).

Ibu Kartinah selaku Koordinator Forum LKSA dari 15 kabupaten dan kota yang berada di Lampung menaungi 5734 Anak. Dengan berkonsentrasi pada layanan berbasis keluarga. Selama ini orang tua sering dengan mudah menitipkan anak anak kepala lembaga pengasuhan. Hal ini tanpa memperhatikan faktor psikologis anak. Dari asessment pekerja sosial kami banyak anak yang sebenarnya enggan masuk panti, namun karena tidak ada pilihan akibat kebutuhan dasar yang tak mampu dipenuhi.

Untuk itu LKSA mengikuti kegiatan Bimtek guna lebih menigkatkan pusat kegiatan pada ketahanan keluarga. Dari Bimtek setiap lembaga mempunyai agenda dalam meningkatkan kualitas pengasuhan keluarga dan membuka akses layanan dasar seperti ekonomi, pendidikan dan kebutuhan anak.

Harapan kami semua LKSA di Lampung segera menerapkan SNPA yang menjadi aturan pemerintah saat ini. Bimtek menjadi sarana mereka konsultasi memenuhi persyaratan akreditasi.

Acara tersebut dihadiri Tuti Kartika dari Badan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial RI, Dinas Sosial Propinsi Lampung, Dinsos Kabupaten Lampung Tengah dan Save The Children.

Bimbingan Teknis ini menjadi target Kementerian Sosial dalam percepatan akreditasi 1500 LKSA sampai akhir tahun ini.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d bloggers like this: