Ketika Kata ‘Kasihan’ Tidak Cukup Untuk Mereka

Ketika Kata ‘Kasihan’ Tidak Cukup Untuk Mereka

Itulah yang disampaikan Ketua Umum Forum Nasional Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak yang disingkat Fornas LKSA Bapak Yanto Mulya Pibiwanto dalam kunju

4500 Panti Sambut Paradigma Baru Di Lombok
327 Panti Butuh Perhatian Pasca Dampak Gempa
Laporan Fornas LKSA PSAA: Koordinasi Nasional Gempa Lombok dengan BNPB

Itulah yang disampaikan Ketua Umum Forum Nasional Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak yang disingkat Fornas LKSA Bapak Yanto Mulya Pibiwanto dalam kunjungan Rapat Kerja Himpunan Pengusaha Kreatifitas Panti se-Indonesia. Di depan Komunitas Inspirasi Berbagi dan Komunitas Ayo Menabung pada aksi sosial mereka di Panti Metal Pasuruan Jawa Timur. Kita para pemerhati, pendamping, pekerja anak harus mempunyai komitmen tinggi untuk berbagi tugas menjadi orang tua mereka.

Yanto melanjutkan ia juga biasa mengendong bayi di Bandung dengan 85 anak yang ada di Panti Asuhan Bayi Sehat. Kata ‘kasihan’ tidak cukup buat mereka, yang dibutuhkan adalah pendampingan bahkan pengasuhan dan figur yang permanen. Karena tanpa itu apa yang akan kita berikan tidak berdampak panjang pada masa depan. Kita berharap teman teman di Jawa Timur dapat menjadi pendamping.

Komunitas Inspirasi Berbagi Kak Nata menyampaikan sudah mengajak anak anak bermain kereta kelinci, mendongeng, dan bermain. 123 Anak anak yang rata rata dibawah 10 tahun begitu antusias mengikuti kegiatan. Ada tempat tidur, bantal bermerk Oscar yang kami sumbangkan. Inspirasi Berbagi terbentuk yang awalnya hanya teman nongkrong ngopi-ngopi.

Begitu juga Komunitas Ayo Menabung yang dikomandoi Kak Sule, suara suara lucu yang keluar dari Kak Sule seakan menyihir anak anak untuk terus memperhatikannya. Yang kemudian menutup kegiatannya dengan membagikan paket snack.

Kunjungan Forum Nasional Panti ke Panti Metal dan Panti Millenium dilakukan disela sela Rapat Kerja kedua Himpunan Pengusaha Kreatifitas Panti Indonesia yang diselenggarakan di Panti Nurur Rohman Sidoarjo. Kyai Syakir Ridho sebagai sohibul bait sangat mengapresiasi kedatangan peserta dari luar daerah yang menyempatkan hadir yaitu Balikpapan, Lombok, Jakarta, Semarang, Bengkulu, Lampung, Bandung, Sumatera, Jakarta dan kota kota di Jawa Timur.

Bapak Yanto melanjutkan rapat kerja ini akan menjadi bagian menguatkan peran Panti dalam menjawab persoalan kesejahteraan ditengah masyarakat. Oleh karena itu Rakernas II Forum Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak di Batam pada 25 sampai 27 April 2017 menitikberatkan pameran usaha dan karya kreatif yang diselenggarakan Panti baik yang bekerja di masyarakat maupun bekerjasama dengan pihak pihak tertentu termasuk perusahaan. Sudah 800 Kepala Panti yang menyatakan kesiapan dirinya akan hadir di Batam dan akan kami batasi sampai 1000 peserta.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0